Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Makanan Sehat

cegah tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi, hipertensi, cara mencegah hipertensi, tekanan darah tinggi adalah, cara menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat,  cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat, makanan untuk turunkan tekanan darah tinggi, cara turunkan tekanan darah tinggi, cepat menurunkan tekanan darah, tips menurunkan tekanan darah tinggi yang alami, menurunkan tekanan darah, menurunkan hipertensi

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang menyebabkan banyak orang menderita banyak penyakit lainnya seperti stroke, gagal ginjal dan pecahnya pembuluh darah. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu makanan dan pola hidup.

Biasanya makanan seperti burger dan pizza dapat menyebabkan darah tinggi disertai dengan kurangnya tingkat olahraga menjadikan seseorang mengidap darah tinggi. Hal ini tentu saja bisa menjadi masalah yang sangat serius, dan jika tidak ditangani dapat berakibat kematian.

Oleh karena itu mengkonsumsi makanan sehat dapat menjadi solusi sekaligus tindakan preventif bagi tekanan darah tinggi. Disarankan untuk selalu mengecek tekanan darah tinggi anda secara berkala, apalagi bagi anda yang sudah memiliki umur di atas 40 tahun.

Turunkan tekanan darah tinggi dengan makanan sehat berikut ini:

1. Air kelapa
Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan meminum air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 71% terhadap para partisipan mereka. Air kelapa yang kaya akan elektrolit, nutrisi, dan potassium akan bekerja untuk menekan peningkatan darah di dalam tubuh.

2. Pisang
Potassium klorida dan nitrat yang terkandung di dalam pisang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tepat dikonsumsi oleh para penderita tekanan darah tinggi.

3. Kismis
Dengan mengkonsumsi kismis baik secara langsung maupun diolah terlebih dahulu dapat menurunkan darah tinggi.

4. Kunyit
Banyak orang yang menggunakan kunyit hanya pada masakan saja namun kunyit juga mempunyai khasiat yang lain seperti peradangan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan tingginya kolesterol. Selain itu kunyit juga berfungsi untuk menjaga kardiovaskular dan kelancaran darah di dalam tubuh.

5. Semangka
Seperti pisang, semangka juga mempunyai banyak kandungan potasium dan asam amino yang dapat menurunkan hipertensi.

6. Cokelat
Zat di dalam coklat dapat menurunkan tekanan darah dan sekaligus melancarkan darah dengan cara memperlebar pembuluh darah. Namun sebaiknya coklat yang dipilih adalah coklat yang tidak mengandung banyak gula.

7. Susu skim
Susu yang dikandung oleh susu skim bisa menurunkan hipertensi hingga 10 persen dan sekaligus memberikan kalsium dan asupan vitamin D.

8. Kiwi
Buah kiwi juga mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini muncul pada penelitian yang diadakan di Amerika. Kandungan lutein pada buah kiwi memiliki efek antioksidan seperti buah semangka yang dapat menyembuhkan tekanan darah sistolik.

Turunkan tekanan darah dengan makanan sehat tersebut bisa memberikan keuntungan dari sisi waktu dan biaya. Mengingat semua buah-buahan di atas adalah jenis-jenis makanan sehat yang dapat kita jumpai di pusat perbelanjaan yang bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk mencegah hipertensi. Sangatlah mudah untuk hidup sehat namun ekonomis.

Baca juga: Jenis Makanan Sehat bayi 6 Bulan yang Sangat Digemari

Jangan menunggu untuk merasakan tekanan darah tinggi terlebih dahulu. Secepat mungkin konsumsi buah-buah tersebut sebagai gaya hidup sehat anda yang baru. Semoga tips menurunkan tekanan darah tinggi yang alami tanpa obat di atas bermanfaat bagi anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: