10 Tips Mengurangi Dengkuran (Ngorok)

mendengkur, sleep apnea, suara ngorok, tidur miring, dengkuran, mendengkur saat tidur, menghilangkan dengkuran, cara agar tidak mendengkur saat tidur, penyebab mendengkur saat tidur, ngorok, cara mengurangi mendengkur

Mendengkur merupakan salah satu gangguan saat tidur yang dapat mengarah ke masalah yang lebih serius, seperti sleep apnea (gangguan tidur dengan kesulitan bernafas) dan masalah sosial. Untuk mengatasi masalah mendengkur ini, berikut 10 tips untuk mengurangi dengkuran (ngorok):

1. Tidur miring
Orang yang tidur terlentang lebih sering mendengkur karena pada posisi ini cenderung menyebabkan tenggorokan mengendur dan memblokade jalan nafas. Oleh karena itu, tidurlah miring sebagai cara mengurangi mendengkur.

2. Kurangi berat badan
Obesitas tidak hanya menyebabkan diabetes dan masalah kesehatan lainnya, tetapi juga menyebabkan mendengkur. Kelebihan berat badan di sekitar leher dapat menyempitkan jalan nafas yang menyebabkan jaringan disekitar leher saling bergesekan, memicu suara ngorok yang lebih keras ketika bernafas.

3. Hindari alkohol
Orang yang biasanya tidak mendengkur, lebih sering mendengkur setelah mengkonsumsi alkohol. Dengkuran ini lebih sering terjadi setelah mengkonsumsi alkohol selama waktu tidur, karena alkohol dapat mengendurkan jalan nafas selama tidur yang berkontribusi pada timbulnya dengkuran.

4. Tambah bantal anda
Ganjal kepala anda dengan menambahkan bantal di bawah kepala anda. Dengan menambahkan bantal lebih di bawah kepala anda, membantu kepala anda lebih tinggi daripada dada, sehingga membantu anda mengurangi mendengkur dengan menjaga jalan nafas anda lebih terbuka dan longgar.

5. Berhenti merokok
Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan menuakan tubuh anda secara drastis. Selain itu, merokok juga menyebabkan mendengkur karena mengurangi kemampuan tubuh anda untuk menggunakan oksigen, sehinggga mengganggu jalan nafas anda. Oleh karena itu, berhentilah merokok jika anda ingin mengurangi dengkuran anda.

6. Atur waktu tidur anda
Tidur sangat penting untuk kesehatan anda. Tidurlah selama 8 jam per hari. Ikutilah pola tidur yang teratur. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari akan menciptakan harmonisasi dalam tubuh anda.

7. Olahraga
Berolahraga setiap hari dapat membantu mengatur pola tidur anda. Oleh karena itu, lakukan olahraga paling tidak 30 menit per hari untuk mengurangi dengkuran.

8. Tetaplah terhidrasi
Jagalah diri anda agar tetap terhidrasi dengan meminum cukup cairan. Cara ini akan menghilangkan dengkuran karena mengurangi potensi tersumbatnya hidung karena mengurangi pengeluaran lendir pada hidung.

9. Bersihkan lubang hidung anda
Dengkuran dapat terjadi karena ada hambatan atau tersumbatnya hidung, sehingga menyebabkan anda harus bernafas melalui mulut. Oleh karena itu, bersihkan lubang hidung sebelum tidur untuk menghindari mendengkur.

10. Atur waktu makan malam anda
Pastikan anda makan malam maksimal 2 jam sebelum tidur. Hal ini untuk memastikan pencernaan yang lebih baik saat anda terjaga, sehingga membuat tidur anda lebih nyaman.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi dan Minum Susu

Mendengkur tidak hanya disebabkan oleh satu penyebab saja. Jika 10 tips tadi gagal mengurangi dengkuran (ngorok) anda, segera temui dokter anda. Selamat mencoba, Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: