6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh, imun, tubuh, sistem kekebalan tubuh manusia, vitamin kekebalan tubuh, kekebalan tubuh manusia, cara meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kekebalan tubuh

Terkadang kita bertanya-tanya, mengapa kita lebih sering sakit dibandingkan orang lain. Tidak selamanya sistem imun kita bekerja seperti yang diharapkan. Sejumlah faktor mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh kita. Berikut 6 cara meningkatkan kekebalan tubuh kita:

1. Konsumsilah makanan cukup nutrisi
Mengkonsumsi cukup buah, sayur, dan kacang-kacangan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Karena makanan-makanan tadi mengandung nutrisi yang diperlukan oleh sistem imun. Selain makanan tersebut, konsumsi makanan yang mengandung cukup protein juga diperlukan.

2. Hindari stres
Stres ternyata dapat meningkatkan risiko kita terserang pilek dan virus lainnya. Stres juga dapat memperburuk alergi, seperti asma. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi stres dengan meditasi, massage (pijat), spa, mendengarkan musik yang menyenangkan, dll.

3. Olahraga
Olahraga ringan ternyata dapat menghilangkan ketegangan, stres dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga kita lebih jarang sakit.

4. Cukup tidur
Kurangnya tidur dapat mengaktifkan respon stres dan mengurangi fungsi imun. Kurangnya tidur dapat meningkatkan risiko terserang pilek. Orang yang biasa tidur kurang dari 6 jam sehari berisiko 3 kali lebih besar mengalami sakit daripada mereka yang tidur 7 jam atau lebih.

5. Bersosialisasi
Bersosialisasi dengan orang lain dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dibandingkan mereka yang penyendiri.

6. Konsumsi cukup vitamin D
Vitamin D memainkan peranan penting dalam peningkatan fungsi imun normal kita. Kekurangan vitamin D yang parah dapat menyebabkan berbagai macam infeksi.

Baca juga: 10 Tips Mengurangi Dengkuran (Ngorok)

Itulah 6 cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh orang dewasa secara alami. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi pembaca dalam menjaga kekebalan tubuh sehingga senantiasa terhindar dari berbagai penyakit. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: