6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

mulut, gigi, kesehatan mulut, kesehatan gigi, teh hijau, susu, keju, permen karet, fosfor, plak gigi, kalsium, kesehatan gigi dan mulut anak, kesehatan mulut dan gigi, kesehatan mulut, kesehatan gigi, kebersihan mulut dan gigi, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan gigi anak, makanan untuk kesehatan mulut dan gigi

Rekomendasi Makanan Untuk Kesehatan Mulut dan Gigi untuk Anak dan Orang Dewasa.
Sudah menjadi suatu keharusan bahwa kesehatan mulut dan gigi agar diprioritaskan terutama bagi mereka yang bekerja dan berinteraksi dengan orang banyak.

Kondisi seperti ini pastinya akan membuat siapapun menjadi lebih berhati-hati ketika memilih jenis asupan makanan yang akan dikonsumsi sebab beberapa jenis makanan tertentu sebenarnya mempunyai efek berbeda untuk kesehatan mulut dan gigi.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menjadi referensi atau acuan anda dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi:

1. Teh Hijau
Teh hijau kaya sekali akan kandungan antioksidan, yang sangat berkhasiat untuk membunuh atau membasmi radikal bebas di dalam tubuh. Senyawa antioksidan tersebut juga akan sangat bermanfaat bagi siapapun yang ingin menjaga mulut tetap segar.

Teh hijau akan membasmi semua bakteri yang merupakan penyebab utama dari kerusakan gigi dan mulut. Terdapat juga pendapat bahwa teh hijau tersebut kaya akan kandungan fluoride yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi.

2. Susu dan Produk Susu
Gigi akan selalu memerlukan asupan kalsium sehingga kesehatan dan kekuatannya akan selalu terjaga. Beberapa jenis makanan atau minuman seperti susu dan yogurt bisa menjadi pilihan yang tepat apabila anda ingin memenuhi semua kebutuhan kalsium di dalam tubuh. Terlebih lagi susu dan yogurt tersebut dapat memberikan manfaat pada anda dalam menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan gigi dan mulut.


Keju adalah produk olahan dari susu yang kaya sekali akan kandungan kalsium serta kandungan fosfat. Kedua senyawa ini terbukti mampu membantu siapapun untuk memenuhi keperluan kalsium sehari-hari. Di samping itu, keju dapat membantu menetralisir serta menyeimbangkan tingkat keasaman pH pada organ mulut dan juga memicu produksi air liur. Dengan kata lain, keju dapat menjadi salah satu jenis makanan yang tepat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.

3. Permen karet
Apabila anda termasuk orang yang senang sekali mengunyah permen karet, maka kebiasaan ini sebenarnya sudah sangat tepat untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi serta mulut. Dengan mengunyah permen karet maka air liur pun akan selalu terstimulasi atau terangsang untuk terus diproduksi.

Air liur tersebut mampu memberikan manfaat dalam membasmi bakteri yang bersarang di dalam mulut. Namun perlu diingat juga untuk mengunyah permen karet yang bebas gula atau tidak mengandung kadar gula yang tinggi.

4. Buah-buahan
Sudah tidak dapat disangkal lagi jika khasiat buah-buahan memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah-buahan tertentu mengandung berbagai vitamin dan kandungan lain untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Dianjurkan untuk memilih jenis buah yang kaya akan vitamin C karena dapat membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dengan efektif.

5. Sayuran
Selain buah-buahan, asupan sayuran yang cukup juga sangat dianjurkan. Sayuran dengan kandungan vitamin A yang tinggi dapat menjadi pilihan utama seperti wortel dan bayam. Jenis sayuran tersebut sangat baik untuk menambah enamel gigi.

Selain itu, seledri adalah salah satu jenis sayuran yang dipercaya sangat baik untuk merangsang produksi air liur di dalam mulut yang dapat menghilangkan bakteri. Biji wijen sangat ampuh untuk membantu menghancurkan plak yang terdapat pada gigi anda.

6. Protein
Pada dasarnya sangatlah penting untuk selalu memenuhi kebutuhan protein sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Asupan protein yang cukup akan membantu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut terlebih lagi jika dibarengi dengan asupan fosfor dan vitamin D.

Baca juga: Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Demikian ulasan tentang beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan mulut dan gigi anda  dan semoga bermanfaat. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: