8 Cara Mengobati Sakit Gigi secara Alami

sakit gigi, gigi berlubang, mulut, gigi, garam, asam jawa, obat sakit gigi, obat sakit gigi buat anak, obat sakit gigi untuk ibu menyusui, tips mengobati sakit gigi, obat sakit gigi berlubang, obat sakit gigi paling ampuh, obat sakit gigi alami

Sakit gigi merupakan rasa nyeri di bagian sekitar gigi yang umumnya disebabkan oleh karies gingivitis dan penyakit rahang. Selain itu, sakit gigi disinyalir merupakan gejala dari penyakit jantung seperti angina dan juga bisa mengakibatkan penyakit stroke sehingga kita tidak boleh meremehkan jenis penyakit ini. 

Penyebab utama dari sakit gigi diantaranya adalah karena masalah gigi berlubang, gigi retak ataupun terkikis, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis, atau bisa juga diakibatkan oleh gusi yang telah terinfeksi. 

1. Membersihkan mulut dan gigi
Penyebab utama dari sakit gigi adalah karena terdapatnya bakteri yang dapat mengakibatkan kerusakan pada organ gigi dan gusi. Jadi disarankan agar anda jangan malas untuk selalu menjaga dan membersihkan mulut terutama ketika sudah selesai makan.

2. Meminum air putih
Meminum air putih bisa membantu anda untuk membersihkan bakteri ataupun kuman yang menyangkut atau menempel pada gigi. Air putih akan membuat kuman-kuman atau bakteri yang membahayakan tersebut menjadi tidak bisa berlama-lama menyangkut pada gigi anda.

3. Mengompres gigi dengan air hangat
Anda bisa melakukan pengompresan pada gigi dengan menggunakan air hangat. Cara ini pada dasarnya sangat ampuh dan efektif untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan rasa sakit pada gigi.

4. Berkumur dengan air hangat dan garam
Cara ini juga diyakini mampu mengatasi keluhan sakit gigi secara efektif. Caranya adalah dengan mengambil 1 gelas air hangat dan kemudian dicampur dengan sedikit garam. Lalu gunakanlah air hangat yang telah dicampur dengan garam tersebut untuk berkumur-kumur setiap harinya. Tujuan utamanya adalah untuk membasmi bakteri penyebab sakit gigi yang bersarang di area gusi dan gigi.

5. Menggunakan garam dan kapas
Cara yang satu ini bisa dianggap sebagai salah satu cara paling mudah untuk mengatasi sakit gigi. Caranya dengan mengambil garam secukupnya dan kemudian balutlah dengan menggunakan kapas. Kemudian gigitlah garam yang telah dibalut dengan kapas tersebut.

Cara yang mudah ini pun ternyata memiliki tujuan untuk membasmi atau membunuh kuman di sekitar area gigi. Cara ini juga disinyalir sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi yang disebabkan oleh masalah gigi berlubang.

6. Memakan buah lemon
Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah lemon bisa membantu mengurangi rasa nyeri ketika Anda mengalami sakit gigi. Selain itu, usahakan untuk mengurangi atau kalau bisa menghindari sama sekali memakan makanan yang manis atau makanan yang mengandung banyak sekali gula.

7. Menggunakan biji asam jawa
Caranya adalah dengan melakukan sangrai biji asam jawa, lalu tumbuk sampai sehalus mungkin. Kemudian oleskan pada area gigi yang sakit.

8. Menggunakan kantung teh celup
Siapa yang menyangka ternyata kantung teh celup berkhasiat untuk mengobati keluhan sakit gigi. Caranya dengan menaruh kantung teh dengan air di dalam microwave selama 30 detik. Selanjutnya, peraslah air di dalam kantung teh celup dan kemudian gigitlah kantung teh tersebut di antara gigi yang terasa sakit. Cara ini ternyata sudah dipercaya sejak dulu untuk mengurangi pembengkakan pada gusi dan juga meredakan sakit gigi dengan cepat.

Baca juga:  6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Demikian beberapa tips alami untuk mengobati sakit gigi yang bisa diaplikasikan untuk anak-anak, orang dewasa maupun ibu hamil atau menyusui tanpa menggunakan bahan kimia maupun obat sakit gigi tablet dengan resep dokter yang banyak di jual di apotik. Semoga tips tersebut bisa sangat bermanfaat terutama bagi anda yang saat ini mengalami keluhan sakit gigi yang tentunya mengganggu aktifitas sehari-hari. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: