Apa Manfaat Pijat Bayi bagi Bayi Prematur?

bayi, pijat, prematur, tulang bayi, stress pada bayi, terapi pijat bayi, manfaat pijat bayi, pijat bayi untuk menambah nafsu makan, manfaat pijat bayi yang luar biasa, pijat bayi, pijat bayi prematur, manfaat pijat bayi prematur

Pijat bayi ini sangat bermanfaat bagi bayi yang lahir normal maupun yang lahir prematur. Berikut beberapa manfaat pijat bayi bagi bayi prematur:

1.    Mampu meningkatkan kekuatan tulang bayi.
Dalam hal ini, bayi prematur mempunyai resiko masalah retak tulang pada perkembangan bayi. Dengan pijat bayi ini, bisa membantu meningkatkan kekuatan pada tulang bayi.

2.    Mampu meningkatkan berat badan dan memperkuat pertahanan tubuh bayi.
Dalam hal ini, bayi yang terlahir premature biasanya mempunyai berat badan yang minim. Sehingga hal ini menyebabkan system pertahanan tubuh bayi yang lahir prematur lebih lemah serta meningkatkan resiko keterlambatan perkembangan mental dan emosi bayi.


Bayi yang terlahir premature biasanya mempunyai system pencernaan yang belum sempurna sehingga pemberian nutrisi yang bagus mungkin belum efektif. Dalam hal ini salah satu solusi yang bisa diambil adalah pijat bayi yang mengaktifkan saraf sensorik dan reseptor tekanan untuk meningkatkan kemampuan lambung dan menurunkan tingkat kortisol (hormone stress). Sehingga dengan pijat bayi ini, menambah nafsu makan dan berat badan bayi bisa terbantu untuk bertambah.

3.    Mampu meningkatkan nilai perkembangan bayi.
Alat ukur yang menunjukkan kemampuan bayi merespon lingkungannya adalah Brazelton Scale. Bayi yang terlahir prematur yang mendapatkan terapi pijat bayi biasanya mendapatkan nilai lebih tinggi pada Brazelton Scale. Dalam hal ini menunjukkan bahwa bayi memiliki respon yang lebih matang terhadap lingkungannya. Bagi bayi prematur , pijat bayi ini sangat bermanfaat sekali.

Oleh karena itu Ibu jangan menunda lagi untuk melakukan pijat bayi ini untuk bayi yang terlahir prematur. Dalah hal ini, dianjurkan juga Ibu terlebih dahulu berkonsultasi dengan Dokter Anak apakah memungkinkan kondisi bayi kita mendapatkan pijat bayi saat itu.

4.    Mampu meredakan stress pada bayi.
Bagi bayi yang baru lahir, lingkungan baru yang dijumpai saat bayi lahir bisa membuat bayi tersebut stress. Apalagi bayi yang terlahir prematur ini harus menjalani beberapa prosedur medis demi kesehatan dirinya.

Pijat bayi ini mampu membantu melepaskan hormone serotonin yang melawan hormone stress seperti Norepinephrine , Epinephrine, dan Cortisol. Selain bayi mendapatkan rasa lebih tenang, hal ini juga mampu mengajarkan otak bayi cara yang benar merespon stress.

Baca juga: Mengapa GARAM dan GULA Dilarang untuk Bayi?

Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat pijat bagi bayi yang terlahir prematur. Semoga dapat menambah wawasan anda dalam menangani pertumbuhan buah hati anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: