Berapa Banyak Kebutuhan Air Kita per Hari?

air putih, air, fungsi air, kebutuhan air, kebutuhan air perhari, manfaat air, pria, wanita, dehidrasi, manfaat sehat dari air, air minum, kekurangan air

Berapa banyak air yang seharusnya kita minum setiap hari? Ini adalah pertanyaan sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi telah menghasilkan bermacam-macam rekomendasi selama bertahun-tahun, tetapi sebenarnya, kebutuhan air kita tergantung pada banyak faktor, termasuk faktor kesehatan, seberapa aktif kita, dan dimana kita tinggal.

Meskipun tidak ada suatu rumusan yang pas untuk setiap orang, dengan lebih mengetahui kebutuhan cairan akan membantu kita memperkirakan seberapa banyak air yang harus diminum tiap hari.

Manfaat sehat dari air
Air adalah komponen kimia tubuh yang penting dan berkontribusi pada 60% berat badan kita. Setiap sistim dalam tubuh kita tergantung pada air. Misalnya, air mengeluarkan racun dari organ-organ vital, membawa zat-zat makanan ke sel, dan menjaga telinga, hidung, tenggorokan tetap lembab.

Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi, suatu keadaan yang terjadi ketika kita tidak memiliki cukup air untuk menjaga fungsi tubuh tetap normal. Bahkan dehidrasi ringan saja dapat menguras energi kita dan membuat kita merasa lelah.

Berapa banyak air yang kita butuhkan?
Setiap hari kita kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urin dan pergerakan perut. Agar tubuh kita berfungsi dengan semestinya, kita harus menambah suplai air kita dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung air. Oleh karena itu, pria membutuhkan 3 liter air dari keseluruhan air yang dikonsumsi per hari. Sementara, wanita membutuhkan 2,2 liter dari total air yang dikonsumsi per hari.

Baca juga:  Yuk, Kurangi Makan Gorengan agar Terhindar dari Penyakit Degeneratif

Demikianlah ulasan singkat mengenai seberapa banyak tubuh kita membutuhkan air setiap harinya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca akan pentingnya manfaat sehat dari air untuk kehidupan. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: