Cara Membersihkan Karang Gigi secara Alami

karang gigi, plak, bau mulut, penyebab karang gigi, cara membersihkan karang gigi secara alami dan mudah, penyebab dan cara menghilangkan karang gigi secara alami, cara mudah hilangkan karang gigi, cara ampuh menghilangkan karang gigi dan plak, cara membersihkan karang gigi sendiri, cara membersihkan karang gigi tanpa harus ke dokter, cara mengatasi karang gigi, karang gigi penyebab bau mulut, biji asam kawak, cengkeh

Penyebab Karang Gigi dan Cara Membersihkannya
Karang gigi merupakan endapan keras yang biasanya bewarna putih kekuningan atau bahkan hijau kehitaman. Bahan keras tersebut umumnya menempel pada permukaan gigi, tambalan atau gigi palsu.

Karang gigi awalnya terbentuk dari plak yang terdapat pada permukaan gigi dan kemudian mengalami mineralisasi sehingga berubah menjadi endapan keras yang cenderung susah untuk dibersihkan. Mayoritas orang akan memiliki karang gigi dan tentunya dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda pula.

Hingga saat ini, karang gigi dianggap sebagai penyebab terbesar kedua dari gigi yang tanggal akibat karies atau gigi berlubang. Karang gigi pada dasarnya bisa menjadi tempat untuk melekat atau bersarangnya bakteri dan kuman.

Bakteri tersebut kemudian akan berpotensi menimbulkan peradangan gusi (gingivitis). Tanda paling mencolok dari gingivitis adalah gusi yang berwarna merah dan mengkilat, bertekstur licin, bentuknya agak bengkak dan akan berdarah jika disentuh atau ketika menyikat gigi.

Peradangan pada gusi yang tidak dirawat dengan baik akan segera menyebar ke jaringan lainnya seperti penyangga gusi (periodontitis). Jika sudah berada pada tahap ini maka akan muncul rasa sakit atau nyeri ketika mengigit makanan.

Dalam keadaan yang lebih parah, kondisi ini akan memicu terhadap kondisi gigi yang goyah. Apabila dibiarkan berlarut-larut maka pada akhirnya gigi kemudian akan lepas dengan sendirinya. Dampak negatif lain dari kondisi ini adalah munculnya bau yang tidak sedap pada mulut.


Munculnya karang gigi diakibatkan oleh sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan sempurna. Sisa makanan tersebut kemudian bercampur dengan bakteri atau kuman dan membentuk plak putih menempel.

Apabila plak putih pada gigi tidak di bersihkan, maka nantinya akan bercampur dengan air liur yang mengandung mineral sehingga terjadilah proses mineralisasi yang berujung pada terbentuknya karang gigi. Permukaan gigi akan menjadi kasar dan menjadi sarang menempelnya plak. Karang gigi yang sudah menebal tentunya akan menjadi tempat yang rentan untuk bersarangnya kuman.

Menurut hasil penelitian dari beberapa ahli kesehatan, karang gigi dapat menjadi pemicu dari serangan penyakit jantung. Meskipun hanya merupakan penelitian awal yang kebenarannya belum sepenuhnya terbukti, para ahli gigi di Indonesia meyakini bahwa karang memang bisa memicu penyakit jantung karena beberapa alasan yang dijelaskan diatas. Karang gigi yang sudah parah akan membuat kuman atau bakteri masuk ke dalam aliran darah dan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi karang gigi secara alami seperti dijelaskan berikut ini:

1. Menyikat gigi dengan benar
Disarankan agar menggosok gigi dengan benar minimal 2 kali dalam sehari. Saat menggosok gigi, sebaiknya membersihkan bagian gusi juga. Bersihkan gusi rahang atas dengan cara menggosoknya dari arah atas ke bawah. Untuk gusi rahang bawah, anda dapat menggosoknya dari arah bawah ke atas.

2. Menggunakan biji asam kawak
Caranya dengan sangrai biji asam kawak dan menghaluskannya dengan ditumbuk atau diblender. Bubuk biji asam kawak tersebut dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi dengan bantuan kapas atau sikat gigi dengan bulu lembut.

3. Cengkeh
Caranya dengan menyiapkan cengkeh sebanyak 7 buah dan tumbuk sampai benar-benar halus. Bubuk cengkeh tersebut dapat digunakan untuk menggosok dan membersihkan karang gigi. Selain itu, bubuk cengkeh bisa juga digunakan sebagai campuran air untuk berkumur-kumur.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan

Perlu diingat bahwa setelah berhasil melakukan upaya pembersihan karang gigi, maka anda senantiasa harus tetap merawat gigi dengan benar agar karang gigi tidak muncul kembali.

Demikian penjelasan singkat tentang penyebab, bahaya karang gigi dan cara membersihkannya secara alami. Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: