Ciri-Ciri Kanker, Perbedaannya dengan Tumor

beda kanker dan tumor, kanker, tumor, tumor ganas, ciri kanker usus 12 jari, kanker pankreas, kanker getah bening, kanker lambung, kanker nasofaring, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker usus besar, kanker lidah, penyakit kanker payudara, kanker serviks pada wanita, kanker hati, apa perbedaan dan persamaan antara tumor dan kanker, definisi tumor dan kanker, kenali ciri ciri kanker sejak dini, penyebab dan gejala penyakit kanker, ciri ciri kanker yang begitu ganas, sel kanker

Ada banyak jenis penyakit kanker pada manusia, diantaranya kanker usus 12 jari, kanker pankreas, kanker getah bening, kanker lambung, kanker nasofaring, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker usus besar, kanker lidah, penyakit kanker payudara, kanker serviks pada wanita, kanker hati, dan masih banyak lagi jenis kanker lainnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas ciri-ciri kanker dan perbedaannya dengan tumor.

Sebenarnya antara kanker dan tumor tidaklah ada perbedaan diantara keduanya. Namun bagi sebagian masyarakat terlanjur menganggap bahwa kanker berbeda dengan tumor. Kanker dan tumor dianggap sebagai dua penyakit yang berbeda, padahal sebenarnya kanker adalah stadium lanjut dari tumor.

Tumor yang dalam bahasa sederhana dapat didefinisikan sebagai adanya pertumbuhan sel dalam tubuh yang tidak pada tempat atau semestinya memiliki beberapa tingkatan atau stadium. Pada kondisi tertentu pertumbuhan tumor tersebut menjadi massif, tidak terkontrol serta membahayakan pasien penderita dan disebutlah pasien tersebut menderita kanker.

Jadi, definisi kanker sebenarnya adalah istilah bagi tumor ganas. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan mengapa tumor bisa meningkat menjadi tumor ganas atau kanker. Selain itu juga ada perbedaan karakterisitik sel-sel kanker dengan sel-sel tumor jinak. Berikut ciri-ciri kanker tersebut :


1. Mandiri dan tidak tergantung pada sel lainnya
Untuk bisa tumbuh dan berkembang, sel normal memerlukan suplai nutrisi yang diperolehnya dari pembuluh darah. Artinya setiap sel dalam keadaan normal bergantung pada pembuluh darah untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Namun hal ini tidak berlaku bagi sel kanker. Sel kanker mampu meng-create atau menumbuhkan pembuluh darah baru pada jaringan yang diinanginya. Selain itu sel kanker juga tidak tergantung samasekali kepada sel lainnya.

2. Mampu tumbuh dan berkembang lebih cepat
Ciri-ciri kanker dan karakteristik sel kanker berikutnya adalah kemampuannya untuk memproduksi sendiri faktor pertumbuhannya. Hal ini berhubungan dengan kemandirian sel kanker tersebut. Sel-sel kanker mampu menciptakan sendiri lingkungan yang diperlukannya untuk bisa tumbuh dan berkembang. Dan tentu saja hal ini pula yang menyebabkan sel kanker mampu tumbuh dan berkembang jauh lebih cepat dibanding sel normal.

3. Tidak mengenal mekanisme penghentian pertumbuhan sel
Dalam kondisi normal, sel tubuh akan berhenti tumbuh dan berkembang jika sudah mencapai tahap tertentu. Dan jika sel tubuh tumbuh dan berkembang terlalu cepat maka sebagian dari sel-sel tersebut akan melakukan tindakan “bunuh diri” atau dikenal dengan istilah apoptosis (proses bunuh diri sel).

Namun bagi sel kanker mekanisme tersebut tidak berlaku. Sel-sel kanker akan terus melakukan pertumbuhan dan pembelahan diri tanpa mengenal mekanisme perlambatan, penghentian apalagi pembatasan jumlah sel.

4. Mampu berpindah dari satu jaringan tubuh ke jaringan tubuh yang lain
Kemampuan berpindah dari satu jaringan tubuh ke jaringan tubuh yang lain ini tidak dimiliki oleh sel normal. Itulah sebabnya sel kanker mampu menyebar dan menyerang organ serta jaringan tubuh yang lain sehingga menyebabkan kerusakan atau malfunction dari organ tubuh tersebut.

Baca juga: Apa Manfaat Pijat Bayi bagi Bayi Prematur?

Itulah beberapa karakteristik sel-sel tumor ganas atau yang lebih dikenal dengan istilah sel kanker. Semoga bermanfaat dapat menambah wawasan anda dalam mengenali ciri-ciri kanker dan perbedaannya dengan tumor serta pencegahan penyakit kanker, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: