Menangani Luka Bakar di Rumah, Mengapa Tidak?

menangani luka bakar di rumah, air dingin, cuka, daun pisang, lavender, luka bakar, menangani luka bakar, mengobati luka bakar, teh, madu, kantung teh, minyak lavender, penanganan luka bakar

Mendapatkan penanganan medis secepatnya memang diperlukan untuk luka bakar yang parah. Namun, untuk luka bakar ringan dapat ditangani dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Selain menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemui di rumah, penanganan luka bakar ringan ini menggunakan cara yang mudah untuk diikuti. Akan tetapi, perlu diingat selalu bahwa cara ini hanya untuk penanganan sementara dan bukan pengganti pengobatan dari tenaga kesehatan.

1. Daun pisang
Daun pisang dikenal untuk menyembuhkan luka bakar karena aksinya sebagai antiinflamasi ringan dan antimikroba. Daun pisang ini hanya perlu ditumbuk dan dioleskan di bagian yang terluka secara merata. Komponen utama daun pisang yang dapat mengobati luka bakar adalah tannin, getah dan glikosida iridoid.

2. Air dingin
Pertolongan pertama yang penting untuk menangani luka bakar derajat pertama dan kedua adalah dengan mendinginkan luka tersebut dengan air dingin yang mengalir. Cara ini harus dilakukan lebih kurang selama 10-15 menit atau hingga rasa nyeri reda. Jika cara tersebut tidak meredakan nyeri, rendamlah bagian yang terluka dengan air dingin. Akan tetapi, perlu diingat untuk tidak meletakkan es langsung pada luka. Tujuan dari mendinginkan luka adalah untuk mengurangi bengkak dengan cara mengeluarkan panas dari kulit.

3. Cuka
Cuka dapat bersifat sebagai antiseptik dan astringent yang mencegah infeksi pada luka bakar. Sebelum mengoleskan cuka pada luka, encerkan cuka dengan sejumlah air sebanyak cuka yang digunakan atau dengan perbandingan 1:1. Kemudian, gunakan kain bersih yang telah dibasahi dengan larutan cuka tadi dan tutupi luka bakar dengan kain tersebut. Bila rasa sakit masih terasa, ganti dengan kain yang baru.

4. Madu
Berdasarkan berbagai studi, menutupi luka bakar dengan madu dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi nyeri. Hal ini terjadi karena madu mengeluarkan cairan dari jaringan yang terluka sehingga efektif untuk membersihkan luka. Anda juga dapat menggunakan madu dengan mengoleskannya terlebih dahulu pada sepotong kain atau perban.

5. Kantung teh
Kantung teh dapat mengeluarkan panas dari luka bakar. Baik teh hitam maupun hijau dikenal karena sifatnya sebagai antioksidan dan pendingin. Anda hanya perlu mencelupkan kantung teh dalam semangkuk air dingin dan kemudian meletakkannya pada bagian tubuh yang terluka.

6. Minyak lavender
Jauh dari kegunaannya sebagai aromaterapi, minyak lavender juga dikenal untuk menyembuhkan luka bakar ringan. Penggunaan utamanya adalah untuk mencegah nyeri yang hebat yang dikaitkan dengan luka bakar dan melindungi lapisan kulit yang lebih dalam di sekitar luka dari infeksi.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

Itulah 6 cara menangani luka bakar di rumah yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi anda apabila ada anggota keluarga atau kerabat yang mengalami luka bakar ringan. Salam Tanaman Obat Herbal. 

Subscribe to receive free email updates: