Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan secara Alami

sariawan, obat kumur, pasta gigi, rongga mulut, alergi, iritasi pada mulut, daun jambu biji, minyak kelapa, obat sariawan untuk bayi, obat sariawan, obat sariawan alami, obat sariawan anak, obat tradisional sariawan, obat sariawan yang manjur, penyebab sariawan

Sariawan memang bukanlah penyakit yang serius namun bisa membuat sangat tidak nyaman karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Biasanya para pengidap sariawan dan sakit tenggorokan akan mengalami kesulitan ketika makan dan bahkan sulit untuk berbicara jika penyakit sariawan yang dideritanya sudah dalam kondisi parah.

Penyebab utama dari sariawan adalah kurangnya asupan vitamin C. Namun, sariawan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti panas dalam dan tekanan mental (stress). Sebelum membahas lebih dalam tentang cara mengobati sariawan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu beberapa penyebab dari sariawan yang diulas berikut ini:

1. Obat kumur dan pasta gigi
Sodium Lauryl Sulphate (SLS) adalah zat yang dapat menghasilkan busa pada berbagai produk kebersihan mulut seperti obat kumur atau pasta gigi. Pasta gigi atau obat kumur yang kandungan SLS-nya terlalu banyak maka bisa dipastikan merupakan faktor penyebab munculnya sariawan. Dengan adanya kandungan tersebut maka bisa membuat gusi dan rongga mulut menjadi kering dan rentan terhadap iritasi penyebab awal dari penyakit sariawan.

2. Luka Trauma
Sariawan pada dasarnya dapat juga muncul akibat adanya luka trauma pada bibir atau rongga mulut yang tergigit. Biasanya bibir atau rongga mulut akan tergigit dengan tidak sengaja ketika kita makan atau aktifitas lainnya yang menggunakan bibir atau mulut.

3. Genetik atau keturunan
Faktor keturunan ternyata sangat berpengaruh terhadap timbulnya penyakit sariawan. Apabila orang tua anda sering mengalami sariawan, maka kemungkinan besar anda pun beresiko untuk sering terkena sariawan juga.

4. Gangguan immunologi
Respon imun atau kekebalan tubuh yang berlebihan dapat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan rongga mulut dan bibir menjadi rentan terkena sariawan. Gangguan ini tentunya akan memerlukan penanganan khusus dari ahli atau penanganan medis yang tepat.

5. Alergi dan sensitifitas
Rongga mulut memiliki kecenderungan untuk menjadi sangat sensitif sehingga bisa menimbulkan sariawan dengan intensitas yang tinggi. Mulut juga rentan terhadap alergi atau adanya reaksi/respon terhadap alergen yang pada dasarnya tidak cocok. Alergen tersebut diantaranya adalah bahan yang terdapat di dalam pasta gigi dan beberapa jenis makanan yang memang tidak cocok dengan pengidap alergi.

6. Kekurangan nutrisi
Kekurangan nutrisi adalah penyebab lain dari timbulnya sariawan.  Jenis nutrisi yang sangat penting untuk mencegah sariawan adalah zat besi, asam folat, zinc, vitamin B1, B2, B6 dan B12.

Setelah mengetahui beberapa penyebab sariawan, berikut ini akan diulas beberapa cara alami untuk mengobati sariawan dengan cepat:

1. Garam dan baking soda
Garam dan baking soda adalah 2 bahan yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Caranya dengan mencampur garam dan baking soda, kemudian oleskan pada sariawan.

2. Minyak kelapa dan madu
Minyak kelapa dan madu memiliki kandungan anti-bakteri yang sangat ampuh untuk mengobati sariawan dengan cepat. Caranya dengan mencampurkan minyak kelapa dan madu dan kemudian oleskan pada sariawan anda.

3. Kunyit
Kunyit adalah salah satu jenis rempah-rempahan yang memang memiliki berbagai khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Anda dapat membuat pasta dari bahan kunyit dan kemudian mengoleskannya pada sariawan.

4. Daun jambu biji
Cara ini merupakan yang paling praktis karena anda cukup mengunyah daun jambu biji agar keluhan sariawan cepat mereda. Daun jambu biji memang terkenal sebagai obat tradisional yang sangat manjur untuk mengobati sariawan dan berkhasiat juga untuk menyembuhkan iritasi pada mulut.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Demikian ulasan tentang penyebab dan cara alami mengobati sariawan dengan cepat secara alami yang sudah direkomendasikan oleh para ahli medis dan aman bagi bayi, anak-anak, orang dewasa, maupun ibu hamil / menyusui. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: