Penyebab dan Faktor Risiko Batu Ginjal

penyebab batu ginjal, batu asam urat, batu ginjal, batu kalsium, ginjal, renal, tipe batu ginjal, saluran kemih, risiko batu ginjal

Batu ginjal sering tidak mempunyai penyebab tunggal dan pasti, meskipun beberapa faktor dapat meningkatkan risiko anda mengalami batu ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika urin mengandung substansi yang membentuk kristal - seperti kalsium, oksalat, dan asam urat - daripada cairan dalam urin. Pada saat yang sama, urin mungkin kekurangan subtansi yang mencegah kristal menyatu, menjadikan sebuah lingkungan yang ideal untuk membentuk batu ginjal.

Tipe-tipe batu ginjal
Dengan mengetahui tipe batu ginjal dapat membantu menentukan penyebab dan memberikan petunjuk bagaimana untuk mengurangi risiko anda mendapati batu ginjal yang semakin parah. Tipe-tipe batu ginjal, antara lain:
  • Batu kalsium: kebanyakan batu ginjal adalah batu kalsium, biasanya dalam bentuk kalsium oksalat. Oksalat adalah senyawa kimia yang ada secara alami dalam makanan. Beberapa buah dan sayuran, seperti kacang dan coklat, mempunyai kandungan oksalat yang tinggi. Faktor asupan makanan/diet, dosis tinggi vitamin D, operasi bypass usus, dan beberapa penyakit metabolik dapat meningkatkan konsentrasi kalsium atau oksalat dalam urin. Batu kalsium juga terdapat dalam bentuk kalsium fosfat.
  • Batu struvite: Batu struvite terbentuk sebagai respon terhadap infeksi, seperti infeksi saluran kemih (ISK). Batu ini dapat tumbuh dengan cepat dan menjadi cukup besar, terkadang dengan sedikit gejala atau peringatan yang sedikit.
  • Batu asam urat: batu asam urat dapat terbentuk pada orang-orang yang kurang minum cukup cairan atau kehilangan terlalu banyak cairan, mereka yang diet tinggi protein dan mereka yang mengalami gout/rematik. Faktor genetik tertentu juga meningkatkan risiko terbentuknya batu asam urat.
  • Batu sistin: Batu ini terbentuk pada orang dengan gangguan hereditas yang menyebabkan ginjal membuang terlalu banyak asam amino tertentu (sistinuria).

Beberapa faktor risiko yang meningkatkan risiko perkembangan batu ginjal, antara lain:
 
a. Riwayat keluarga atau personal: Jika seseorang dalam keluarga anda mengalami batu ginjal, maka kemungkinan besar anda juga mengalaminya. Dan jika anda telah mempunyai satu atau lebih batu ginjal, maka anda berisiko tinggi pada perkembangan batu ginjal lainnya.

b. Dewasa: Batu ginjal paling umum terjadi pada dewasa berusia 40 tahun atau lebih, meskipun batu ginjal dapat dialami pada usia berapapun.

c. Laki-laki: Laki-laki lebih sering mengalami batu ginjal dibandingkan perempuan, meskipun juga terjadi peningkatan angka batu ginjal pada perempuan.

d. Dehidrasi: Dengan tidak meminum cukup cairan tiap hari, dapat meningkatkan risiko anda mengalami batu ginjal. Orang-orang yang hidup pada iklim hangat dan mereka yang banyak berkeringat, berisiko tinggi mengalami batu ginjal dibandingkan dengan lainnya.

e. Diet tertentu: Mengkonsumsi makanan tinggi protein, natrium/sodium, dan gula secara terus menerus dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Terlalu banyak sodium/natrium dalam diet anda, dapat meningkatkan jumlah kalsium yang harus disaring oleh ginjal dan secara signifikan meningkatkan risiko anda mengalami batu ginjal.

f. Obesitas/kegemukan: Tingginya Indeks Massa Tubuh (IMT), besarnya ukuran pinggang, dan peningkatan berat badan telah dikaitkan dengan penigkatan risiko batu ginjal.

g. Penyakit pencernaan dan pembedahan: pembedahan bypass lambung, penyakit inflamasi usus (inflammatory bowel disease) atau diare kronik dapat menyebabkan perubahan pada proses pencernaan yang mempengaruhi absorpsi/penyerapan kalsium dan air, meningkatkan level pembentukan senyawa-senyawa batu dalam urin.

h. Kondisi medis lain: Penyakit dan kondisi yang meningkatkan risiko batu ginjal adalah asidosis tubular renal, sistiuria, hiperparatiroid, pengobatan tertentu dan infeksi saluran kemih.

 Baca juga: Apa itu Batu Ginjal? Definisi dan Gejala

Demikianlah ulasan mengenai beberapa penyebab dan faktor risiko batu ginjal. Besar harapan saya postingan ini dapat membantu para pembaca agar terhindar dari penyakit batu ginjal. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: