PMDD : Gangguan Suasana Hati yang Mengiringi Siklus Menstruasi

depresi, haid, menstruasi, pmdd, pms, premenstrual disphoric disorder, premenstrual dysphoric disorder, premenstrual syndrome, reproduksi wanita

Premenstrual syndrome, atau PMS, adalah perubahan suasana hati pada seorang wanita yang disertai dengan gejala-gejala fisik yang terkait dengan siklus menstruasinya yang cukup signifikan mempengaruhi kualitas hidupnya.

Premenstrual dysphoric disorder (PMDD) merupakan suatu bentuk keparahan PMS yang tidak biasa. PMDD ini lebih terkait dengan gangguan suasana hati pada wanita, yang mengiringi siklus menstruasi. Menurut epidemiologi, diperkirakan hingga 75% wanita menstruasi mengalami PMS. Sedangkan 3% dari 8% mengalami PMDD.


Gejala-gejala PMDD secara umum mulai muncul pada minggu sebelum menstruasi dan berakhir beberapa hari setelah mulai menstruasi. Wanita dengan PMDD mungkin mengalami perubahan suasana hati yang drastis, marah, depresi, mudah tersinggung, tegang, perubahan tidur dan nafsu makan, kelelahan, dan masalah fisik seperti nyeri atau pembengkakan.

Penyebab PMDD belum diketahui secara pasti, namun mungkin disebabkan karena perubahan hormon yang mengiringi siklus menstruasi. Beberapa bukti ilmiah menunjukkan hubungan antara PMDD dan rendahnya kadar serotonin tubuh, suatu neurotransmiter (suatu senyawa kimia dalam tubuh yang membantu otak mengirimkan informasi).

Baca juga: Dismenore, Nyeri yang Mengiringi Menstruasi

PMDD tampaknya lebih umum dialami oleh wanita yang pernah mengalami depresi. Dan sebaliknya, wanita dengan PMDD mengalami peningkatan risiko untuk berkembang menjadi depresi. Untuk mengetahui seorang wanita mengalami PMDD atau tidak, dokter tidak hanya melakukan pemeriksaan fisik, namun juga psikiatri. Kemudian, Dokter mungkin akan meresepkan obat antidepresan untuk mengatasi PMDD.

Demikian rangkuman singkat tentang PMDD yang merupakan gangguan suasana hati yang mengiringi siklus menstruasi pada wanita. Semoga setelah membaca artikel ini anda lebih memahami mengapa wanita serring moody saat menstruasi. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: