4 Manfaat Air Mata

air mata, bakteri, cemas, emosi, frustasi, hipertensi, jantung, maag, menangis, mood

Setiap saat anda ingin menangis, pasti ada seseorang yang mengatakan untuk tidak menangis. Tapi, tahukah anda bahwa air mata ternyata memiliki manfaat juga untuk kesehatan. Berikut manfaat air mata untuk kesehatan.

1. Air mata dapat memperjelas penglihatan
Air mata dapat melumasi bola mata dan kelopak mata dan juga mencegah membran mukosa mata mengalami dehidrasi. Coba kalau mata kamu kering, pasti perih kan? Susah untuk melihat sesuatu dengan jelas.

2. Air mata dapat membunuh bakteri
Air mata dapat bekerja sebagai antibakteri dan antivirus. Karena air mata mengandung lisozim, suatu cairan yang dapat membunuh 90-95% bakteri hanya dalam 5-10 menit.

3. Air mata dapat menurunkan stres
Seperti olahraga, air mata juga dapat meredakan stres. Stres membantu menghilangkan senyawa-senyawa kimia yang menyebabkan stres, seperti leusin enkefalin dan prolaktin. Menahan air mata dapat meningkatkan level stres dan berkontribusi pada timbulnya penyakit yang diperburuk oleh stres, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan iritasi lambung.

4. Air mata dapat melepaskan perasaan
Menangis adalah suatu terapi. Menangis dapat menyingkirkan kecemasan dan frustasi sebelum menyebabkan masalah pada syaraf dan jantung. Semakin sering anda menahan emosi anda, maka semakin besar kemungkinannya untuk meledak suatu saat nanti. Dengan menangis, membersihkan pikiran kita dan dipercaya menyehatkan serta memberikan perasaan relaks.


Demikianlah rangkuman singkat tentang manfaat air mata untuk kesehatan, semoga bisa menambah wawasan pembaca tentang manfaat air mata bukan hanya sekedar tangisan semata. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: