Apa Anda Orang yang Alergi Obat ?

alergi obat, amoksisilin, ampisilin, gatal, parasetamol, penisilin, zat asing, alergi, obat, antibiotik, gatal gatal, ruam, sesak nafas

Alergi bisa timbul karena masuknya zat asing dalam tubuh yang disebut alergen dan tubuh menanggapinya dengan reaksi alergi. Gejala-gejala yang nampak pada orang yang mengalami alergi dapat berupa gatal-gatal, ruam, sesak nafas, bahkan pingsan.

Tidak semua orang mengalami alergi obat. Hanya orang-orang tertentu saja yang mengalami alergi obat. Alergi obat dapat terjadi karena tubuh yang menanggapi zat asing (dalam hal ini obat) yang masuk secara berlebihan. Sehingga, tubuh akan berusaha menggunakan berbagai cara untuk membasmi zat yang dianggap asing bagi tubuh tersebut.


Alergi obat merupakan suatu keadaan yang tidak bisa diprediksi atau diperkirakan sebelumnnya, bahkan oleh dokter sekalipun. Alergi obat terjadi bukan karena dosis yang diberikan berlebihan, namun karena reaksi tubuh yang berlebihan. Alergi obat bersifat individual.

Kenali anda alergi terhadap obat apa
Beberapa obat yang sering menimbulkan alergi adalah antibiotik golongan sefalosporin dan penisilin. Baru-baru ini juga dilaporkan ada pasien yang alergi terhadap Parasetamol. Bahkan ada juga yang alergi terhadap obat penambah darah (anti anemia). Bila Anda mengalami, gejala-gejala alergi seperti gatal-gatal, sesak nafas, atau bahkan pingsan setelah meminum obat tertentu, maka perlu dicurigai adanya kemungkinan alergi terhadap obat tersebut.

Baca juga: Menggunakan Antihistamin untuk Insomnia?

Beritahukan pada Dokter atau Apoteker apa alergi anda
Memberitahukan alergi obat apa pada dokter atau apoteker menjadi hal yang penting karena dengan begitu membantu pemilihan obat yang tepat untuk pasien. Selain itu, juga mencegah reaksi-reaksi yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: