Apa Obat Flu yang Cocok untuk Penderita Hipertensi ?

flu dan hipertensi, dekongestan, hipertensi, obat flu, obat flu untuk penderita hipertensi, pseudoefedrin

Seperti yang kita tahu, sebagian besar obat flu mengandung dekongestan untuk mengatasi hidung tersumbat. Dekongestan tersebut, antara lain epinefrin, fenilpropanolamin, fenilefrin, efedrin, dll. Dekongestan-dekongestan tadi ternyata dapat meningkatkan tekanan darah terutama bagi penderita hipertensi. Sehingga, obat-obat ini perlu digunakan secara hati-hati oleh penderita hipertensi. Nah, adakah obat flu yang dapat digunakan oleh penderita hipertensi dengan aman ? Check this out, guys!

Sebuah artikel yang dipublish di Pubmed, dengan judul, “Does pseudoephedrine increase blood pressure in patients with controlled hypertension?” ini dapat menjawabnya teman-teman. Studi ini dilakukan dalam 4 minggu dengan 25 pasien yang memiliki hipertensi terkontrol. 


Pada minggu pertama dan ketiga, semua pasien diberikan plasebo. Subjek uji pada minggu kedua menerima secara acak antara pseudoefedrin dan plasebo. Sedangkan pada minggu keempat, pasien menerima kebalikannya. 

Pembacaan tekanan darah dilakukan di awal dan akhir minggu percobaan, dan satu minggu setelah studi masih di follow up. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pseudoefedrin dosis standard pada pasien hipertensi yang terkontrol tidak meningkatkan tekanan darah secara signifikan.

Artikel lain yang dipublish di Pubmed, dengan judul “No cardiovascular effects of single-dose pseudoephedrine in patients with essential hypertension treated with beta-blockers”, menunjukkan hasil yang sama. 

Pada studi ini, semua peserta mendapatkan plasebo atau atenolol atau propanolol selama satu minggu. Pada akhir periode, pasien menerima pseudoefedrin oral dosis tunggal dan kemudian di monitoring tekanan darah dan heart-ratenya. Dan dapat disimpulkan bahwa pemberian pseudoefedrin akut tidak merubah tekanan darah di akhir periode perlakuan. 


Jadi, pseudoefedrin yang diberikan dalam dosis standar tidak meningkatkan tekanan darah pada pasien yang menerima beta-bloker, dan oleh karena itu pseudoefedrin aman untuk pasien hipertensi yang mengalami flu.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: