Apakah Efek dari Meminum Alkohol Bersamaan dengan Antibiotik?

alkohol, antibiotik, efek samping, flu, flushing, metronidazole, obat kumur, sakit kepala, tinidazol, trimethropim sulfamethoxazole

Antibiotik dan alkohol dapat menyebabkan efek samping yang mirip, seperti rasa tidak nyaman di perut, pusing, dan mengantuk. Kombinasi antibiotik dan alkohol dapat meningkatkan efek samping ini.


Beberapa antibiotik, seperti metronidazole, tinidazole, dan trimethroprim-sulfamethoxazole, tidak seharusnya dicampurkan dengan alkohol karena dapat menyebabkan reaksi yang lebih parah.

Meminum sejumlah alkohol dengan obat-obat ini dapat menyebabkan flushing (rasa panas), sakit kepala, mual dan muntah, serta peningkatan denyut jantung. Perlu diingat bahwa beberapa obat flu dan obat kumur juga mengandung alkohol. 

Cek label dan hindari konsumsinya bersamaan dengan antibiotik. Secara umum, untuk menghindari interaksi, obat dapat digunakan dengan selang waktu minimal 2 jam dari obat pertama.

Baca juga: Bolehkah Minum Suplemen Vitamin Bersamaan dengan Obat Lain?

Demikianlah informasi singkat tentang efek samping dari meminum alkohol bersamaan dengan antibiotik. Semoga menambah pengetahuan pembaca tentang cara mengkonsumsi obat dengan benar. Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: