Bolehkah Minum Suplemen Vitamin Bersamaan dengan Obat Lain?

interaksi vitamin, suplemen, obat, vitamin, ginko biloba, suplemen kalsium, minyak ikan, vitamin D

Terkadang karena terobsesi dengan ingin sehat, seseorang menjadi rajin meminum suplemen. Namun, tidak jarang suplemen diminum bersamaan dengan obat lainnya. Hal yang sering tidak diketahui pasien, beberapa obat berkemungkinan untuk dapat saling mempengaruhi satu sama lain

Berikut adalah suplemen vitamin yang tidak boleh diminum bersamaan dengan obat lain:

1. Minyak Ikan
Mengonsumsi minyak ikan bersamaan dengan obat penurun tekanan darah dapat meningkatkan efek penurun tekanan darah tersebut. Jadi, efek yang ditimbulkan adalah penurunan tekanan darah yang berlebihan yang berbahaya.
Mengonsumsi minyak ikan bersamaan dengan pil KB dapat menurunkan efek trigliserida dalam minyak ikan. Mengonsumsi minyak ikan dosis tinggi dengan ginko biloba dapat memperlambat pembekuan darah, sehingga dapat menyebabkan perdarahan.

2. Suplemen Kalsium
Suplemen kalsium jika diminum bersamaan dengan obat osteoporosis (misal: bifosfonat), antibiotik tetrasiklin, antibiotik golongan quinolon, serta levothyroxine yang digunakan untuk hipotiroid, dapat menurunkan penyerapan obat-obat tersebut karena kalsium akan berikatan dengan obat-obat tadi.

3. Vitamin D
Vitamin D diketahui dapat menurunkan efektivitas penurun kolesterol (atorvastatin). Mengonsumsi vitamin D dosis tinggi bersamaan dengan obat diuretik dapat menyebabkan peningkatan kadar kalsium dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya masalah pada ginjal.

Baca juga: Manfaat Sayuran dalam Seporsi Steak

Itulah beberapa jenis suplemen yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. Semoga menambah pengetahuan anda tentang suplemen vitamin apa saya yang tidak boleh diminum bersamaan dengan obat lain.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: