Dapatkah Kurkumin Menyembuhkan Kanker?

antioksidan, kanker, kemoterapi, kunyit, kurkumin, mencegah kanker, anti kanker, mengobati kanker

Saat ini, belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk merekomendasikan kurkumin untuk mencegah atau mengobati kanker, tetapi penelitian mengenai khasiat kurkumin sebagai anti kanker masih tetap berlanjut.

Kurkumin, adalah senyawa yang dapat ditemukan pada kunyit. Beberapa studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mencegah atau mengobati kanker. Kurkumin diduga mempunyai sifat atioksidan, yang dapat mengurangi pembengkakan dan inflamasi. Kurkumin diteliti sebagai terapi kanker karena inflamasi juga memainkan peran dalam kanker.


Penelitian dalam laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa kurkumin mungkin mencegah kanker, memperlambat penyebaran, membuat kemoterapi lebih efektif dan melindungi sel-sel sehat dari kerusakan yang disebabkan oleh terapi radiasi. Kurkumin sedang diteliti untuk penggunaannya pada berbagai jenis kanker.

Studi kurkumin pada manusia masih pada tahap yang dini. Percobaan klinik masih berlangsung untuk menginvestigasi kurkumin sebagai jalan untuk mencegah kanker pada manusia dengan kondisi prakanker, sebagai terapi kanker, dan sebagai pereda tanda dan gejala kanker yang disebabkan oleh terapi kanker.

Baca juga: Makanan Apa yang Dapat Membantu Mengatasi Sulit Tidur?

Penelitiian masih terus berlangsung, dan sekali lagi tidak ada cukup bukti ilmiah untuk merekomendasikan kurkumin untuk menyembuhkan kanker saat ini. Seperti biasa, diskusikan dengan dokter anda sebelum menggunakan suplemen herbal.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: