Makan Sehat ala Anak Kos Jogja

makanan sehat anak kos, anak kos, jogja, makan sehat, nutrisi, warteg, Makan pagi, Makan siang, Makan malam, fried chicken, gudeg

Konsumsi makanan sehat untuk anak kos ada yang bilang itu susah. Tapi sebenarnya ya susah-susah gampang. Memang tidak bisa dipungkiri, makan jajan itu sebagian besar kurang serat, beda dengan makanan di rumah. Tapi sebenarnya kita juga bisa memilih apa yang kita makan to? Jadi, makan sehat tidak cuma diangan-angan. Mari kita mulai dari makan pagi.

1. Makan pagi
Di Jogja, menu sarapan yang lazim dijual adalah gudeg, bubur, nasi kuning, soto, hingga nasi pecel. Dari semua makanan tersebut, disarankan untuk sarapan dengan gudeg atau nasi pecel karena mengandung cukup sayur.

2. Makan siang
Saat makan siang, banyak tempat makan yang sudah buka dan menyediakan berbagai pilihan makanan. Salah satunya adalah warteg atau warung tegal yang murah meriah. Di warteg kita bisa mendapatkan berbagai pilihan sayur. Jadi kita bisa lebih leluasa dengan pilihan makan kita. Atau, kita bisa makan lotek atau gado-gado. Namun, banyak juga yang memilih nasi padang untuk menu makan siang karena murah, nasinya pun banyak. Akan tetapi, jangan lupakan daun singkong untuk menetralisasi lemak-lemak yang ada dalam nasi padang.

3. Makan malam
Waktu malam, memang agak susah mendapati tempat makan yang lengkap dengan sayur. Paling banter hanya cap cay. Solusinya, kita bisa mengimbangi makanan kita dengan buah. Prinsipnya, bila nggak dapat sayur, ya beralih ke buah. Malas kupas-kupas? Ya udah.. beli jus aja.. Buah banyak mengandung vitamin dan mineral serta kaya antioksidan.

Lalu, bagaimana kalau ingin makan fried chicken misalnya atau makan yang banyak mengandung lemak lainnya? Sesekali boleh sebagai variasi makanan kita. Tapi jangan lupa, fried chicken itu mengandung banyak lemak trans yang bila terakumulasi dalam tubuh dapat menghambat aliran pembuluh darah. Jadi, ada baiknya diimbangi dengan konsumsi buah.

Baca juga: Khasiat Rambutan si Merah Menawan

Bagaimana teman-teman? Apa menu makan sehatmu? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: