Melirik Khasiat Daun Kemangi

daun kemangi, demam, gula darah, kemangi, kemangi demam, kemangi keputihan, khasiat kemangi, manfaat daun kemangi, manfaat daun kemangi untuk kesehatan, manfaat kemangi, obat alami demam, minyak atsiri daun kemangi, Teh kemangi, daun kemangi dalam menghilangkan bau badan, kandungan gizi daun kemangi

Kemangi, terna kecil yang daunnya sering tersedia sebagai lalapan ini, ternyata ada manfaatnya juga untuk kesehatan. Wah, apa saja itu?

Kemangi memiliki nama latin Ocimum citriodorum adalah hibrida antara 2 spesies selasih, Ocimum basilicum dan Ocimum americanum. Kemangi memiliki aroma daun yang khas karena kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Kemangi tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi beberapa negara lain, seperti Thailand, Italia, India, sebagian wilayah Afrika, dan benua Eropa juga memanfaatkan kemangi.

Masyarakat di India dan sebagaian wilayah di Afrika menyeduh daun kemangi seperti teh. Teh kemangi ini biasa disajikan pada musim dingin, yaitu pada saat masyarakat mudah terserang batuk, pilek, dan demam.

Di Eropa, minyak atsiri daun kemangi dimanfaatkan sebagai salah satu bahan campuran dalam sabun mandi, lotion, biang parfum, permen pelega tenggorokan, minyak gosok, dan minyak aromaterapi. Kemampuan daun kemangi dalam menghilangkan bau badan menjadi alasan daun kemangi digunakan sebagai campuran bahan dalan sabun mandi.

Kandungan Gizi
Daun kemangi mengandung vitamin C, beta karoten, dan mineral makro. Vitamin C bermanfaat untuk (1) pembentukan kolagen, (2) membantu penyerapan besi, (3) antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, (4) mencegah kanker melalui pencegahan pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogen (menyebabkan kanker).


Beta karoten berperan dalam mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi sehingga meningkatkan kekebalan tubuh, membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak, dan sebagai antioksidan.

Daun kemangi juga mengandung mineral makro, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsiun berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang, kontraksi otot, dan pengaktivan reaksi enzim. Fosfor membantu pertumbuhan tulang, penyerapan dan transpot zat gizi, serta mengatur keseimbangan asam basa.

Sedangkan magnesium membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga melancarkan aliran darah. Setiap 10 gram daun kemangi mengandung 46 kkal energi, 4 gram protein, 0.5 gram lemak, 8.9 gram karbohidrat, 45 mg kalsium, 75 mg fosfor, 2 mg besi, 750 RE vitamin A, 0.08 mg vitamin B, 50 mg vitamin C, dan 85 gram air.

Kandungan non gizi
Selain mengandung zat-zat gizi, daun kemangi juga mengandung komponen non gizi, antara lain senyawa flavonoid dan eugenol, arginin, boron, anetol, dan minyak atsiri. Flavonoid dan eugenol bersifat sebagai antioksidan yang menetralkan radikal bebas dan antimikroba yang mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Karena eugenol-nya ini, daun kemangi juga bagus dikonsumsi wanita karena dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

Arginin bermanfaat dalam memperkuat daya tahan sperma dan mencegah kemandulan serta menurunkan kadar gula darah. Anetol dan boron berperan dalam merangsang kerja hormon estrogen dan androgen, serta mencegah pengeroposan tulang. Minyak atsiri yang mudah menguap memiliki aktivitas sebagai antimikroba, yaitu mencegah pertumbuhan bakteri S. aureus, Salmonella enteritidis, E. coli, Basillus subtilis, Salmonella paratyphi,  dan Proteus vulgaris.

Pemanfaatan
Di Indonesia, daun kemangi dimanfaatkan untuk mengatasi masuk angin dan demam pada balita. Daun kemangi diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa. Kemudian, dioleskan ke dada, perut, dan punggung. Konsumsi daun kemangi juga dipercaya mencegah bau badan dan mulut, serta melancarkan ASI.

Baca juga: Perih di Lambung Setelah Minum Asam Mefenamat

Demikianlah informasi singkat tentang khasiat daun kemangi bagi kesehatan. Semoga menambah pengetahuan anda akan manfaat dari daun yang sering dijadikan sebagai lalapan ini. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: