Perih di Lambung Setelah Minum Asam Mefenamat

asam mefenamat, nyeri lambung, pms, ponstan, wanita, pre menstrual syndrome, Antiinflamasi Non Steroid, AINS, obat

Asam mefenamat adalah obat yang paling banyak dicari saat wanita mengalami PMS (pre menstrual syndrome) atau pada kasus sakit gigi. PMS yang dialami perempuan menimbulkan rasa sakit yang tidak karuan, bahkan mengganggu aktivitas.

Jangan heran, kalau saat PMS, wanita agak sensitif, emosional, dll. Wajarlah… menjalankan aktivitas sambil menahan nyeri. Oleh karena itu, sebagian orang menggunakan asam mefenamat ini agar tidak merasaka nyeri saat PMS.


Asam mefenamat termasuk obat golongan Antiinflamasi Non Steroid (AINS). Obat-Obat golongan AINS ini kebanyakan bersifat asam, sehingga dapat mengiritasi lambung. Selain itu, mekanisme obat-obat ini yang menghambat prostaglandin yang bertanggung jawab terhadap timbulnya nyeri dan inflamasi juga menyebabkan iritasi lambung. Prostaglandin secara normal ternyata berperan dalam sekresi mukus dan bikarbonat yang merupakan cara untuk melindungi lambung.

Baca juga: Mengenal Premenstrual Syndrome (PMS)

Oleh karena itu, obat-obat AINS, termasuk asam mefenamat seharusnya diminum bersamaan dengan makanan untuk mengurangi iritasi lambung. Asam mefenamat ini seharusnya digunakan bila perlu saja. Bila ternyata rasa nyeri sudah hilang, obat dapat dihentikan. Namun, bila nyeri masih terasa, asam mefenamat dapat diminum tiap 8 jam dengan dosis 500 mg. Asam mefenamat tidak boleh digunakan lebih dari tujuh hari.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: