Waspadai Boraks dalam Makanan

bahaya boraks, bakso, bleng, boraks, bpom, ciloks, natrium tetraborat, ciri makanan mengandung boraks

Boraks adalah senyawa berbentuk kristal putih tidak berbau dan stabil pada suhu dan tekanan normal. Boraks disebut juga dengan Natrium Tetraborat, yang jika larut dalam air akan menjadi hidroksida dan asam borat.

Bleng adalah salah satu turunan asam borat yang sering disalahgunakan dalam makanan. Boraks sering digunakan sebagai bahan pembuat deterjen, untuk mengurangi kesadahan air dan antiseptik. Boraks tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam makanan.

Boraks sangat berbahaya apabila terhirup, mengenai kulit, mata maupun tertelan. Boraks dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan, iritasi pada kulit dan mata, mual, sakit kepala, nyeri hebat pada perut bagian atas


Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kerusakan ginjal, kegagalan sistem sirkulasi akut, hingga berujung kematian. Konsumsi boraks 5-10 gram pada anak-anak dapat menyebabkan syok dan kematian. Boraks sering disalahgunakan dalam bakso, ciloks, lontong, kerupuk gendar.

Ciri-ciri makanan yang mengandung boraks:
1. Mie basah, bakso, lontong, cilok, dan otak-otak: tekstur kenyal, tidak lengket, dan tidak mudah putus.
2. Kerupuk rambak dari tepung, gendar: tektur sangat renyah dan terasa getir.


Demikianlah ringkasan singkat mengenai bahaya boraks dalam makanan, semoga bisa meningkatkan kewaspadaan anda dalam memilih makanan sebagai asupan yang sehat dan bergizi bagi keluarga anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: