Apa itu Zat Berkhasiat dan Merek Dagang ?

zat berkhasiat dan merek dagang, amoksisilin, amoxan, asam mefenamat, bisakodil, dulcolax, merek, merek dagang, Obat, ponstan, zat berkhasiat

Siapa yang tidak mengenal obat dan mengonsumsinya. Pasti semua pernah kan ? Tapi apakah semua bisa membedakan mana merek obat dan zat berkhasiat yang menyembuhkan ? Masyarakat kebanyakan mengenali obat hanya berdasarkan warna kemasan, warna tablet, atau mereknya saja tanpa mengenali dan mengetahui zat yang berkhasiat.

Mengapa ini penting ? Karena terkadang pasien yang datang ke apotek tidak mau obatnya diganti dengan yang warnanya lain atau merek lain. Padahal mungkin, apoteker sebenarnya juga mengganti dengan merek lain yang isinya sebenarnya sama dengan obat yang dimaksud pasien.

Hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya pengetahuan pasien mengenai obat dan pasien terlanjur fanatik dan tersugesti dengan obat sebelumnya. Oleh karena itu, pasien juga sebenarnya perlu meningkatkan pengetahuannya tentang obat. Yuk.. kita tambah sedikit pengetahuan di sini.. Mari kita bedakan mana merek dagang obat dengan zat berkhasiatnya..

1. Amoksisilin

Siapa yang tidak tahu ? Amoksisilin ini merupakan antibiotik yang sering dipakai. Karena seringnya dipakai, sering sekali hanya batuk pilek saja pakai amoksisilin. Perlukah itu ? Contoh, amoksisilin yang dikemas dengan merek dagang Amoxsan. Ingat ! Merek dagangya Amoxsan, tapi zat yang berkhasiat tetap amoksisilin.


Tentu merek untuk amoksisilin lainnya juga masih banyak, tidak hanya Amoxsan. Contoh lainnya, ada Amoxil (dibuat oleh SmithKline Beecham), Arcamox (oleh Armoxindo), Danoxilin (oleh Alpharma), Erphamoxy (oleh Erlimpex), dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya itu, amoksisilin juga tersedia dalam generiknya. Sekalipun generik, tapi jangan salah ! Khasiatnya tetap sama, karena zat yang berkhasiat juga sama.

2. Asam Mefenamat

Asam mefenamat merupakan obat yang sering digunakan untuk nyeri pada saat haid (PMS) atau untuk nyeri karena sakit gigi. Asam mefenamat adalah zat yang berkhasiat dalam meredakan nyeri. Sedangkan merek dagang untuk asam mefenamat tentu tidak hanya satu. Salah satu contohnya adalah Ponstan ini. Ponstan adalah merek dagang untuk asam mefenamat yang dibuat oleh Pfizer.

Contoh merek dagang lainnya, antara lain Mefamat (oleh Darya Varia), Mefast (oleh Global Multi Pharmalab), Mefinal (oleh Sanbe Farma), Mefix (oleh Meprofarma), dll. Asam mefenamat juga tersedia dalam bentuk generiknya. So, kalau beli generiknya, sekali lagi, khasiatnya akan tetap sama, begitu juga dengan merek-merek lainnya.

3. Bisakodil

Bisakodil adalah obat pelancar BAB agar tidak sembelit. Sama dengan yang lain, bisakodil tersedia dalam berbagai pilihan merek. Bisakodil adalah zat yang memiliki khasiat sebagai laksatif atau pelancar BAB tadi.

Contoh merek dagang bisakodil adalah Dulcolax yang dibuat oleh Boehringer Ingelheim. Beberap merek dagang lainnya adalah Bicolax (oleh Armoxindo), Codylac (oleh First Medipharma), Laxacod (oleh Yupharin), Laxamex (oleh Konimex), dll.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Bisa Membuatmu Segar Bugar

Bagaimana ? Sudah bisa membedakan merek dagang dengan zat berkhasiatnya ? Silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar..

Tentu hal ini juga berlaku untuk obat-obat lainnya. Pasien juga perlu tahu tentang obat ! Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

NB: Tulisan ini tidak bermaksud untuk mempromosikan obat. Obat-obat di atas hanya digunakan sebagai contoh saja.

Subscribe to receive free email updates: