Apa Obat Konstipasi untuk Ibu Hamil?

konstipasi, anak anak, ibu hamil, obat konstipasi, obat sembelit

Konstipasi adalah masalah yang serius, karena menyebabkan rasa tidak nyaman di saluran cerna maupun tubuh karena zat-zat yang seharusnya bisa dibuang tidak bisa terbuang. Ibu hamil rentan mengalami konstipasi karena terjadi perubahan fisiologis tubuh secara alami selama hamil.

Konstipasi pada ibu hamil terjadi karena penurunan kontraksi usus, sehingga pergerakan usus kurang untuk mendorong feses keluar. Sebaliknya, pada saluran kemih terjadi peningkatan kontraksi pada saluran kemih, menyebabkan peningkatan frekuensi BAK.

Obat apa yang cocok untuk konstipasi ibu hamil?
Memilihkan obat untuk ibu hamil memang harus hati-hati karena salah-salah bisa membahayakan ibu dan bayi dalam kandungan. Namun, untuk konstipasi tetap ada obatnya. Obat konstipasi yang disarankan untuk ibu hamil adalah obat yang dapat melunakkan feses sehingga meminimalkan ibu hamil untuk mengejan.


Obat jenis osmotik/salin laxative disarankan untuk ibu hamil. Obat konstipasi jenis ini mengandung golongan ion yang sulit diabsorbsi dan memacu hormon untuk memicu gerakan peristaltik usus. Obat konstipasi ini mempunyai kerja yang cepat, yaitu kurang dari 10 menit.

Merek di Indonesia:
Microlax, Laxarec

Kandungan obat konstipasi:
  • Na-lauril sulfoasetat
  • Na-sitrat
  • Asam sorbat
  • PEG-400
  • Sorbitol

Cara pakai obat konstipasi Microlax dan Laxarec:
Dimasukkan melalui anus.

Bentuk sediaan:
Microlax
  • Microlax tersedia dalam bentuk enema. Langsung bisa digunakan tanpa perlu alat bantu lain.
Laxarec
  • Laxarec tersedia dalam bentuk krim untuk rektum untuk anus. Perlu aplikator untuk memasukkan obat.

Aturan pakai Microlax dan Laxarec:
  • Dewasa dan anak > 3 tahun: 1 tube
  • Anak 1-3 tahun: 1/2 tube

Baca juga: Antiinflamasi Nonsteroid atau AINS

Perhatian:
Obat konstipasi hendaknya dipakai hanya bila perlu, bukan untuk pemakaian sehari-hari. Oleh karena itu, untuk mencegah konstipasi sebaiknya makan banyak serat yang bisa diperoleh dari sayuran dan buah. Juga disarankan untuk minum banyak air putih untuk melunakkan feses.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Sumber: MIMS Indonesia

Subscribe to receive free email updates: