Definisi dan Gejala Obesitas

 definisi dan gejala obesitas, diet, kegemukan, obesitas, IMT, indeks massa tubuh, definisi obesitas, gejala obesitas, berat badan

Definisi obesitas
Obesitas didefinisikan sebagai peningkatan jumlah lemak tubuh yang berlebihan. Obesitas tidak hanya soal kecantikan, namun obesitas juga meningkatkan risiko penyakit dan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Dengan menjadi sangat gemuk, berarti anda berkemungkinan besar mengalami masalah kesehatan yang terkait dengan berat badan.

Gejala Obesitas
Obesitas ditentukan dengan IMT/Indeks Massa Tubuh, yaitu bila nilai IMT seseorang 30 atau lebih. IMT anda dihitung dengan cara membagi berat badan anda dalam Kg dengan tinggi badan dalam meter persegi. Nilai IMT anda juga bisa dicek dengan kalkulator berat badan. Berikut adalah kategori IMT:
 
Kurang dari 18,5 : kurus
18,5-24,9 : normal
25-29,9 : kelebihan berat badan/overweight
30 atau lebih : obesitas/kegemukan
40 atau lebih : sangat obesitas

Karena IMT tidak secara langsung menghitung lemak tubuh, beberapa orang, seperti atlet berotot, mempunyai nilai IMT dalam kategori obesitas meskipun mereka tidak memiliki lemak berlebih dalam tubuh.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?
Jika anda berpikir anda mengalami obesitas dan terutama bila anda yakin memiliki masalah kesehatan terkait dengan berat badan, segera diskusikan dengan dokter atau tenaga kesehatan. anda dengan dokter anda dapat mengevaluasi risiko kesehatan anda dan mendiskusikan tentang pilihan penurunan berat badan anda.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Lidah Buaya !

Itulah ringkasan singkat tentang definisi dan gejala obesitas yang perlu anda ketahui untuk menjaga batas indeks massa tubuh yang ideal. Semoga pembahasan artikel ini memberikan manfaat bagi anda khususnya bagi pembaca yang mengalami obesitas. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: