Gangguan Pendengaran karena Memasang Headphone dengan Volume Keras

gangguan pendengaran, headphone


Jutaan penumpang berisiko mengalami kerusakan pendengaran karena mengatur volume terlalu besar pada MP3 player mereka. Di masa lalu, tempat kerja yang bising disalahkan karena menyebabkan sebagian dari kebisingan yang berbahaya untuk pendengaran. Namun, para peneliti di Michigan University di AS menemukan bahwa suara dari MP3 player telah mengambil alih bahaya terbesar pada pendengaran.

Ahli kesehatan kerja menemukan 9 dari 10 orang yang menggunakan transportasi umum terpapar suara yang berlebihan karena mendengarkan musik keras melalui headphone mereka. Hal ini dapat disebabkan karena headphone yang murah gagal untuk menutupi telinga dengan benar, menyebabkan penumpang berusaha untuk membesarkan volume headphone untuk mencegah suara dari luar terdengar.


Profesor Rick Neitzel, yang turut menulis penelitian, mengatakan: Ini mengejutkan, bahwa dua dari tiga orang yang terpapar kebisingan mayoritas disebabkan oleh musik. Saya selalu memandang tempat kerja merupakan faktor risiko utama sebagai penyebab kebisingan. Tapi hal ini menunjukkan bahwa hanya memfokuskan upaya kami pada tempat kerja tidaklah cukup, karena ada banyak paparan kebisingan terjadi di tempat lain.

Peneliti melihat paparan kebisingan diantara 4.500 orang New York yang menggunakan transportasi umum, dalam aktivitas pekerjaan dan non-pekerjaan, penggunaan MP3 player dan stereo dan selama kegiatan rumahan. Para peneliti menemukan rata-rata pengguna angkutan umum New York yang menghabiskan sekitar 380 jam dalam bus dan kereta api terpapar suara rata-rata 72-81 desibel.

Sebagai perbandingan, rata-rata orang yang berbicara menghasilkan suara 60 desibel, suara sebuah sudut jalan yang ramai 80 desibel, gergaji melingkar 90 desibel, dan bayi menangis menghasilkan suara 115 desibel. Suara sebesar 125 desibel dapat menyebabkan sakit atau nyeri pada telinga. Suara lebih dari 125 desibel dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen walaupun hanya terpapar sekali saja.

Baca juga: Taurin dalam Minuman Berenergi, Amankah?

Prof Neitzel berkata: Banyak orang tampaknya terpapar pada tingkat berbahaya. Sejumlah studi menunjukkan kebisingan dapat menyebabkan stres, gangguan tidur, dan penyakit jantung. Ini mungkin suara yang tidak kami perhatikan sejak dulu ternyata berkontribusi dalam menimbulkan masalah kesehatan utama di negara-negara maju.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: