Hindari Kebiasaan Memangku Laptop

memangku laptop, dipangku, eritema, kemerahan, laptop, pigmentasi

Zaman sekarang, laptop telah banyak digunakan masyarakat dunia. Bahkan laptop lebih dipilih dibandingkan komputer meja, karena kemudahannya untuk dibawa kemanapun. Laptop juga bisa diletakkan dimana saja dan tidak memerlukan tempat khusus, salah satunya dengan memangku di atas paha. Namun, sadarkah anda akan risiko memangku laptop di atas paha tanpa alas?

Dalam dunia klinis, disebut dengan Erythema Ab Igne, suatu keadaan yang menyebabkan pigmentasi atau perubahan warna pada kulit karena terpapar panas yang berlebihan dalam waktu yang lama tanpa menyebabkan luka bakar.


Orang-orang yang sering belajar, membaca, bermain game pada laptop dengan posisi memangku laptop di atas paha secara langsung dapat mengalami perubahan warna pada kulit ini. Dulu, keadaan ini biasanya dialami oleh mereka yang bekerja sebaga pandai besi, perak , dan yang bekerja di dapur.

Namun, sekarang juga bisa dialami oleh mereka yang sering memangku laptop di atas paha. Penempatan laptop di atas paha dalam waktu lama dapat menyebabkan pigmentasi dan kemerahan karena panas yang dihasilkan laptop.

Baca juga: Efek Gerhana Matahari Total bagi Kesehatan Mata
 
Bila anda mengalami hal ini, maka hentikan kebiasaan memangku laptop. Biasanya pigmentasi dan kemerahan akan menghilang dengan sendirinya, Namun, bila setelah anda menghentikan kebiasaan tersebut pigmentasi dan kemerahan tidak juga hilang, segera konsultasikan ke dokter. Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: