Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggosok Gigi?

sikat gigi, enamel gigi, gigi berlubang, kuman, plak, gigi, gosok gigi, sakit gigi

American Dental Association merekomendasikan untuk menggosok gigi sedikitnya 2 kali sehari, salah satunya harus pada saat sebelum tidur. Tetapi bila anda mengkonsumsi makanan dan minum sepanjang hari, disarankan untuk menggosok gigi lebih sering.

Menggosok gigi dapat menghilangkan plak, suatu lapisan yang terbentuk pada gigi karena kuman dalam mulut. Kuman yang menyebabkan plak tadi menyebabkan 2 masalah utama gigi, yaitu gigi berlubang dan masalah pada gusi.


Penting untuk menggosok gigi setelah makan, karena makanan dan minuman tertentu menyebabkan kuman dalam mulut melepaskan asam yang berbahaya untuk enamel gigi. Saat kita makan atau minum yang mengandung gula atau karbohidrat, kuman dalam mulut melepaskan zat asam yang dapat menyerang enamel gigi selama 20 menit atau lebih. 

Memilih nutrisi makanan yang rendah karbohidrat dan gula serta minum cukup air juga dapat mengurangi produksi asam merusak. Tapi sepertinya mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat tidak mungkin di Indonesia, karena makanan pokok kita kan beras. Harus rajin-rajin sikat gigi nih..

Namun, ada juga pengecualian untuk segera menggosok gigi. Kita harus menunggu kira-kira 30 menit setelah makan atau minum yang bersifat asam, misalnya orange juice, untuk menggosok gigi. Asam dalam makanan atau minuman tersebut akan melemahkan enamel gigi, dan menggosok gigi dengan segera dapat merusak enamel. Jika anda ingin makan atau minum minuman yang bersifat asam ada baiknya gosok gigi dulu.

Baca juga: Definisi dan Gejala Obesitas

Demikianlah informasi kesehatan tentang waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Semoga menambah wawasan pembaca tentang kesehatan mulut dan gigi agar terhindar dari sakit gigi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: