Obat Sakit Kepala Bisa Membuatmu Segar Bugar

obat sakit kepala, ains, aspirin, kafein, komposisi obat, kopi, obat, parasetamol, sakit kepala

Tulisan ini diinspirasi oleh cerita Ibu dosen, tentang seorang tukang becak yang sering menggunakan obat sakit kepala. Tukang becak tersebut sering menggunakan obat sakit kepala (sebut saja merek X) karena sering merasa pusing. 

Setelah meminum obat sakit kepala tersebut, ternyata tukang becak itu merasa dirinya segar bugar. Mulailah tukang becak ini sering menggunakan obat tersebut untuk menjaga tubuhnya tetap segar, apalagi keadaan ini sangat dibutuhkan bagi seorang tukang becak. Tapi setelah beberapa lama ternyata tukang becak tersebut mengalami gangguan hati (liver). Wah.. bagaimana bisa terjadi ?

Obat sakit kepala biasanya berisi parasetamol atau aspirin, plus kafein. Parasetamol ataupun aspirin memiliki fungsi yang sama, yaitu mengurangi nyeri pada sakit kepala. Sedangkan kafein adalah senyawa yang menstimulasi sistem syaraf pusat untuk meningkatkan kesiagaan tubuh. 

Nah… kafein inilah yang sebenarnya menyebabkan si tukang becak merasa segar bugar. Kafein sebenarnya juga terdapat dalam kopi atau teh. Jadi, tidak perlu minum obat sakit kepala untuk mendapatkan efek segar bugar.


Gangguan hati pada tukang becak ini disebabkan karena kandungan parasetamol atau aspirin dalam obat tersebut. Parasetamol maupun aspirin dapat menyebabkan gangguan pada hati pada penggunaan jangka panjang atau melebihi dosis yang dianjurkan. 

Maksimal dosis yang diperbolehkan baik aspirin maupun parasetamol adalah 4 gram/hari. Oleh karena itu, parasetamol atau aspirin dianjurkan digunakan bila perlu saja. Nah… si tukang becak ini kan tadi minumnya tidak sesuai aturan, asal tubuh merasa lelah langsung minum obat.

Kenapa si tukang becak tidak minum kopi saja ?
Tukang becak ini mungkin kurang informasi tentang komposisi obat sakit kepala yang dia minum. Kemungkinan juga, karena dia tidak mengerti cara mengetahui komposisi obat yang dia minum. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang obat juga ikut memberikan andil dalam hal ini.

Bagaimana cara mengetahui komposisi obat ?
Bila ingin membeli obat, selalu baca dulu komposisi apa yang terdapat dalam obat tersebut. Informasi ini dapat dibaca pada kemasan obat. Atau lebih amannya, silahkan membeli obat di apotek. Karena di situ, anda bisa mendapat informasi dari apoteker tentang obat tersebut. Kalau belinya di warung atau minimarket tanya siapa ? Makanya, beli obat di apotek saja. Atau lebih mengutamakan pengobatan secara alami dengan tanaman herbal yang ada si sekitar kita.

Demikianlah ringkasan cerita tentang bagaimana cara obat sakit kepala bisa membuat segar bugar bagi penggunanya. Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman anda akan manfaat dan bahaya dari penggunaan obat-obatan kimia secara terus menerus tanpa melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan. Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: