Taurin dalam Minuman Berenergi, Amankah?

taurin, energy drink, gula, insomnia, kafein, kalori, minuman berenergi, suplemen, tekanan darah

Taurin adalah suatu asam amino yang mendukung perkembangan saraf dan membantu meregulasi level air dan garam-garam mineral dalam darah. Taurin juga diduga memiliki sifat antioksidan. Taurin secara alami ditemukan pada daging, ikan, dan ASI dan umum tersedia sebagai suplemen makanan. 


Beberapa studi menunjukkan bahwa suplementasi taurin dapat meningkatkan performa atletik, yang menjelaskan mengapa taurin digunakan dalam banyak minuman berenergi. Studi lain menunjukkan bahwa taurin yang dikombinasi dengan kafein meningkatkan performa mental, meskipun temuan ini masih menuai perdebatan.

Suplementasi taurin masih terbilang aman bila tidak lebih dari 3 gram. Kelebihan taurin akan dibuang oleh ginjal. Namun, penggunaan taurin yang banyak atau jangka panjang belum diketahui secara pasti efeknya.

Hal penting lain yang perlu diingat adalah kemungkinan adanya bahan-bahan lain yang terdapat dalam jumlah yang banyak dalam minuman berenergi, seperti kafein dan gula. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, mengganggu tidur, menyebabkan kecemasan dan mudah marah. Sedangkan gula dapat menyebabkan bertambahnya kalori yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kenali 10 Tanda Gagal Jantung

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: