Yuk, Manfaatkan Lidah Buaya !

manfaat lidah buaya

Lidah buaya, tanaman yang banyak tumbuh di pekarangan rumah ternyata memiliki banyak manfaat. Bahkan, berbagai produk kosmetik dan antiseptik mengandung lidah buaya sebagai salah satu kandungan dalam produk-produk tersebut. Industri besar saja mau melirik lidah buaya yang mengandung banyak khasiat, lalu bagaimana dengan kita? Sudahkah kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya?

Lidah buaya atau dikenal dengan aloe vera memiliki nama latin Aloe barbadensis. Berbagai kandungan senyawa dalam lidah buaya membuatnya kaya akan manfaat, diantaranya mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan lektin. Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa-senyawa lain yang tergolong kedalam enzim, asam amino, vitamin, mineral, dan polisakarida. 

Beberapa manfaat lidah buaya adalah:

1. Detoksifikasi
Mengonsumsi jus lidah buaya dapat menawar racun dalam tubuh karena kandungan antioksidannya. Selain itu, kita juga dapat memperoleh manfaat dari kandungannya berupa vitamin dan mineral.

2. Merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit
Tidak heran bila bermacam-macam produk kosmetik mengandung aloe vera. Kandungan lignin dalam lendir lidah buaya mampu menembus dan meresap pada kulit dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Jadilah kulit kita tidak kusam, tidak kering, dan terlihat awet muda. Selain itu, lendir lidah buaya mampu menahan hilangnya cairan tubuh melalui permukaan kulit.

3. Mengatasi luka bakar ringan
Sifatnya yang mendinginkan, membuat lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar. Kandungan saponin dalam lidah buaya juga berperan sebagai pembersih luka, antiinfeksi, dan antimikroba. Dalam dunia perawatan kulit, lidah buaya juga dapat menghilangkan jerawat, menghapus luka bakar, dan mengurangi peradangan. Tidak heran bila beberapa orang juga memanfaatkan aloe vera untuk mengobati herpes.

4. Diabetes
Aloe emodin, salah satu zat yang terkandung dalam aloe vera dari golongan antrakuinon membantu pengubahan glukosa menjadi glikogen. Sehingga kadar gula darah pun turun.


5. Pencahar alami
Zat glycosidesaloin A dan B dari antrakuinon dalam lidah buaya bermanfaat sebagai pencahar alami.

6. Menjaga berat badan
Jus lidah buaya telah digunakan untuk menurunkan berat badan selama bertahun-tahun. Kemungkinan karena kandungan polisakarida, membuat perut cepat kenyang, dan efek pencaharnya.

7. Kekebalan
Lidah buaya kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas.

8. Mengatasi masalah rambut
Sudah sejak lama, lidah buaya dikenal dalam mengatasi berbagai masalah rambut, diantaranya ketombe, mengkilaukan rambut, dan penyubur rambut.

Berikut beberapa cara pemanfaatan lidah buaya:

1. Radang tenggorokan
1 batang lidah buaya dicuci, dikupas, dan dipotong-potong atau diblender. Tambahkan air matang dan 1 sdm madu. Minum 3 x sehari.

2. Ambeien
Setengah lidah buaya dibuang durinya, dicuci, dan diparut. Tambahkan setengah gelas air panas dan peras. Tambahkan 2 sdm madu dan minum 3 x sehari dalam keadaan hangat.

3. Sembelit
Setengah batang lidah buaya dicuci, dikupas, dan dipotong kecil-kecil. Seduh dengan setengah gelas air hangat dan tambahkan 1 sdm madu. Makan 2 x sehari selagi hangat.

4. Diabetes mellitus
2 batang lidah buaya dicuci, dibuang durinya, dan dipotong-potong. Rebus potongan lidah buaya dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum 3 x sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas.

5. Penyubur rambut
2 batang lidah buaya dicuci lalu dikupas. Gosokkan isinya pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus rambut dengan handuk. Bilaslah rambut dikeesokan harinya. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

6. Batuk
20 g lidah buaya dicuci, dikupas, dan dipotong-potong. Tambahkan air matang dan 2 sdm madu. Minum 2 x sehari selama 10 hari.


Itulah beberapa manfaat lidah buaya sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit lengkap dengan cara membuatnya. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca. Salam Tanaman Obat Herbal.
 

Subscribe to receive free email updates: