Hanya 10 Menit Olahraga Bisa Mencegah Diabetes

olahraga untuk diabetes, diabetes, diabetes mellitus, insulin, olahraga, gula darah, kadar gula darah

Olahraga hanya satu menit per hari dapat mencegah diabetes, kata para peneliti sekarang. Dengan melakukan sprint sepeda cepat tiga kali dalam seminggu cukup mencegah dan mungkin mengobati diabetes tipe 2. Total waktu yang dibutuhkan untuk olahraga hanya 10 menit bila digabung dengan pemanasan dan pendinginan.

Para peneliti di University of Bath meminta sukarelawan untuk melakukan sprint sepeda selama 20 detik, 3 kali dalam seminggu. Setelah enam minggu, para peneliti menemukan ada 28% perbaikan fungsi insulin.


Diabetes tipe 2 terjadi saat kadar gula darah tinggi melebihi normal karena berkurangnya fungsi insulin yang sering disebabkan karena gaya hidup yang sedentary atau bermalas-malasan. Olahraga teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Namun gaya hidup yang sibuk dan kurangnya motivasi berarti sebanyak 60% populasi tidak dapat melakukan olahraga lima kali selama 30 menit dalam seminggu.

Dr Vollaard mengatakan: Kami tahu tidak ada cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk membuat otot menggunakan glikogen daripada sprint cepat yang dilakukan dalam studi kami. Ini merupakan cara baru. Tak seorang pun pernah menemukan program yang mudah dan cepat yang dapat memberikan manfaat pada kesehatan.

Jenis olahraga ini tidak cocok untuk menurunkan berat badan karena olahraga sprint durasinya terlalu pendek untuk membakar banyak kalori, tetapi dapat ditujukan untuk meningkatkan kebugaran.

Penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Applied Physiology ini sekarang sedang diperpanjang waktunya dengan lebih banyak relawan untuk mengetahui apakah sesi latihan dapat dibuat lebih pendek lagi.


Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara mencegah diabetes dengan melakukan olahraga ringan. Semoga memberi manfaat bagi para pembaca dan dapat dijadikan referensi untuk mencegah penyakit diabetes bagi anda dan keluarga. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: