Saintifikasi Jamu Masih menjadi Program yang Dikembangkan Tahun Ini

saintifikasi jamu, herbal, jamu

Demi menjadikan jamu tuan rumah di negeri sendiri, Kementrian Kesehatan berupaya untuk memajukan penelitian jamu di Indonesia. Upaya saintifikasi jamu masih menjadi program Kementrian Kesehatan yang akan terus dikembangkan di tahun 2016 ini.


Program ini sudah dimulai sejak 2011 dan akan tetap berlanjut di tahun ini. Saintifikasi jamu diupayakan untuk mendapatkan bukti-bukti ilmiah mengenai jamu sehingga diperoleh bukti-bukti jamu yang benar-benar berkhasiat.

Di tahun 2011, telah diperoleh 4 formulasi dari jamu yang diketahui memiliki khasiat sebagai antidiabetes, anti hipertensi, obat asam urat, dan kolesterol. Di Tawangmangu sudah terdapat klinik saintifikasi jamu, Hortus Medicus. Dari tahun ke tahun, pasien klinik ini semakin banyak. Pada tahun 2011, ada sekitar 8000-9000 pasien yang mengunjungi klinik ini.

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga menambahkan bahwa di tahun 2010 sudah ada 63 dokter yang mendapat pelatihan saintifikasi jamu dan sebanyak 60 dokter di tahun 2011. Klinik jamu medik juga sudah tersedia di 12 rumah sakit di Indonesia.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan

Nampaknya obat herbal sedang naik daun. Ada yang berminat ikut serta memajukan jamu Indonesia? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: